rss

3 IDIOTS : "Komedi penuh gizi!"

Share this history on :

Sejujurnya, aku tidak terlalu tertarik dengan cinema bollywood. Yang selalu ada di pikiranku saat mendengar kata ‘bollywood’ pasti gambaran dua sejoli yang menyanyi sambil joget india di taman luas penuh pepohonan. Hihihihi. Begitu juga saat seorang teman menyuruhku menonton film india berjudul ‘3 Idiots’. WHAT? Sorry brother, tentu saja kutolak. Tapi sahabatku terus saja ‘menerorku’ untuk nonton film itu. Katanya filmnya bagus dan mirip banget sama kisah hidupku. Oh really?

Dan Oh Em Ji. Film ini berhasil merubah perspektifku tentang bollywood! Berbeda dan kisahnya itu lohhhhhh, inspiratif dan bergizi. Dan kalau boleh jujur, film ini masih menduduki peringkat 1 dalam film favoritku. Aissshhh…

Sinopsis
Film beralur mundur ini dibuka dengan adegan seorang pria bernama Farhan (Madhavan) yang memaksa turun dari pesawat sesaat sebelum pesawat take-off. Penyebabnya adalah karena dia baru saja mendengar kabar bahwa seorang sahabatnya yang telah lama tidak terdengar kabarnya telah kembali. Dialah Rancho (Aamir Khan), sahabat Farhan saat dulu masih di kampus dan menjadi orang yang sangat menginspirasinya bahkan menginspirasi semua orang.

Farhan dan sahabat yang lainnya Raju Rastogi (Sharman Joshi) sudah tidak sabar lagi untuk bertemu sahabatnya itu. Tapi pada kenyataannya Rancho tidak muncul. Dia tidak ada di menara kampus tempat kenangan mereka. Semua ini hanya ulah Chatur (Omi Vaidya), rival mereka semasa kuliah yang hanya ingin menyombongkan kesuksesannya.
Lalu dimana Rancho?
Nah, seperti yang sudah kubilang di awal bahwa film ini beralur mundur. Jadi, sang sutradara Rajkumar Hirani menyuguhkan kilas balik kenapa sosok Rancho bisa sangat dirindukan dan begitu menginspirasi sampai-sampai kedua sahabatnya bertekad mencarinya sampai ke ujung dunia.

Rancho sebenarnya hanyalah seorang pria konyol yang menjalankan hidup sesuai keinginannya dan mencoba menularkan itu kepada orang lain. Well, aku cukup iri sama dia karena di balik kekonyolannya, dia adalah seorang jenius dan mencintai apapun tentang mesin.  Makanya dia masuk ke Universitas paling bergengsi di India : Dean of Delhi's Imperial College of Engineering.

Berbagi kamar di asrama dengan Raju dan Farhan, membuat mereka menjadi 3 sahabat karib. Pada awalnya mereka baik-baik saja sampai Rancho mulai menunjukan ‘keluarbiasaannya’ hingga menimbulkan masalah bagi mereka bertiga. Sistem kampus yang kaku ditambah Rektor yang bengis bernama Viru (diplesetin jadi Virus) membuat banyak mahasiswa depresi (bahkan ada yang bunuh diri). Rancho muncul dengan tujuan mematahkan sistem itu dengan segala kekonyolannya.

Sepanjang film, sutradara menyuguhkan banyak sekali nilai kepada penonton. Tentang betapa kental persahabatan, usaha meraih mimpi, dan bahwa hidup harus dijalani dengan hati dan sesuai dengan pilihan diri sendiri bukan pilihan orang lain. Film ini benar-benar akan membuka pikiran tentang hidup dan impian kita.

Dan di menit-menit terakhir, ya, film ini sukses bikin aku terharu. Perjuangan Rancho patut diacungi JEMPOL. Nggak nyangka kalau ternyata plotnya seperti itu. Sang sutradara masih sempat menyelipkan hikmah bahkan di menit-menit penghabisan film. Dan kalau ada yang bertanya apakah ada kisah cinta di film ini. Jawabannya ada dan keren abissss. Kisah cinta yang memikat dan diuraikan sepanjang film hingga dituntaskan dengan manis di akhir film. Top abis deh pokoknya.

Title : 3 IDIOTS
Genre : Romance, Comedy
Release Date : December 2009

 

0 komentar:


Posting Komentar

You comment I follow ^^,

Most Wanted

Pengunjung

 

QUOTES FOR YOU

"Improve your spare moments and they will become the brightest gems in your life." - Ralph Waldo Emerson